Install XAMPP di Linux Ubuntu


Kalian tau apa itu XAMPP sobat ! Kalau kalian ngaku2 gemar Web Design mustahil kalian nggak tau ama program nyang satu ini.
XAMPP adalah sebuah aplikasi webserver gratis..! gw biasanya make program ini untuk belajar bikin website dengan CMS.! Cara install dan makenya  cukup gampang. ok.. sobat download dulu program XAMPP For Linux di http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux.html#374

Buat install, ikutin langkah2 dibawah :

  • Buka terminal, dan masuk sebagai root dengan mengetikkan perintah 
# sudo su
dan masukkan Password

  • Masuk ke direktori mana kamu menyimpan file XAMMP tersebut. Kemudian exstrak File tar.gz tersebut, disini gw nyimpan filenya di Folder Home/Anggrie. dan ketikkan :
tar xvfz xampp-linux-1.7.4.tar.gz -C /opt

Maka file XAMPP scara otomatis akan di extract ke direktori /opt. Dan proses instalasi selesai. Jika sobat ingin menjalankan prgram tersebut cukup buka terminal dan ketikkan perintah :
/opt/lampp/lampp start (ingat !! sobat harus masuk sebagai root), kalo nggak bisa ketikkan dulu "sudo su" yang artinya "super user do" dan sekarang sobat udah masuk sebagai root.

Jika ingin menghentikan program XAMPP, cukup dengan mengetikkan perintah :
/opt/lampp/lampp stop



truss jika sobat ingin install CMS seperti joomla, wordpress, drupal, dan rekan2nya :). Tinggal exstract file cms tersebut ke direktory filesystem >> opt >> lampp >> htdocs.


Moga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar