Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: wikipedia.org merupakan sebuah domain induk. Sedangkan id.wikipedia.org merupakan sebuah sub domain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti id.wikipedia.org. id merupakan subdomain wikipedia, sedangkan wikipedia itu sendiri adalah domain induk. Subdomain juga sebagai Third level domain. (id.wikipedia.org)

Subdomain adalah bagian dari domain induk, umumnya bertujuan untuk membagi konten dari sebuah website, sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang dicari (pengertian sendiri)
Masih bingung???  Nih gw kasih contoh lain :
gw punya sebuah blog dengan domain aangr.web.id yang gue beli sendiri (*baca=murah), tersebut adalah induk domain gue. Dari domain tersebut gue bikin 2 buah sub domain yaitu :blog.aangr.web.id dan diary.aangr.web.id dari domain induk gue. Jadi blog gue mempunyai dua bagian yaitu Blog dan Diary.
Sedikit Tambahan :

Jika kalian mengakses blog.aangr.web.id, sebenarnya kalian sedang mengakses direktori aangr.web.id/blog/ dengan kata lain, subdomain itu mempermudah kita untuk mengakses subfolder tertentu. Walaupun demikian, tidak semua subfolder bisa diakses dengan menggunakan subdomain, hanya subfolder2 tertentu saja yang telah didaftarkan pada domain induk pada Cpanel yang dapat diakses dengan menggunakan subdomain.
Gimana udah dapet blum???  Jangan sungkan2 buat bertanya

0 komentar:

Posting Komentar